Kamis, 07 Maret 2013

TIPE-X

TIPE-X

PERSONAL

Tipe-X adalah grup bad beraliran ska yang pernah meraih juara band Favorit di Festival Musik Alternatif. Grup band yang dibentuk pada bulan September 1995 (dengan nama Head Master) ini sekarang digawangi oleh Tresno Riadi(vokal), Micky (bass), Yoss (gitar), Aditya Pratama (drum), Billy (gitar), Anto (trombone), dan Andi Toha(saksofon).
Saat terbentuk, Head Master hanya terdiri dari Tresno (vokal), Micky (bass), Yoss (gitar), dan Hendro (drum) yang sering membawakan lagu-lagu milik Red Hot Chilli Peppers (RHCP). Setelah Irul masuk untuk posisi gitar rhytm, mereka pun mulai memainkan aliran baru yang ketika itu masih asing dan kurang begitu dikenal di Indonesia, ska. Mereka kerap membawakan lagu millik band ska luar negeri yaitu Voodoo Glow Skull dan Operation Ivy.
Untuk menambah nuansa ska, mereka menambah personil untuk posisi Brass Section yaitu Andi pada trumpet danadditional player untuk trombone yaitu Edhot. Upaya untuk masuk dapur rekaman pun dilancarkan. Mereka mengirimkan demo lagu Frustasi ke acara Ekpresi Indosiar dan demo lagu Bebas Pusing yang dikirim ke IndieLapan Prambors dan masuk peringkat lima.
KARIR
SKA PHOBIA, album pertama Tipe-X dirilis tahun 1999 di bawah label Pops yang dikomandani Dodo Abdullah. Album ini mengandalkan lagu Genit dan Angan. Album kedua, MEREKA TAK PERNAH MENGERTI(2001), dianugerahi Triple Platinum.
Pergantian formasi terjadi, posisi Hendra digantikan oleh Aditya Pratama alias Adi, mantan penggebuk drum grupTeaser. Album ketiga pun dirilis tahun 2003 bertajuk SUPER SUPRISE. Masih mengikuti pola perilisan album sebelumnya tiap dua tahun, album keempat bertajuk DISCOGRAPHY HITAM PUTIH, dirilis tahun 2005. Masih diproduksi oleh Pops Musik, perilisan album ini bertepatan dengan ulang tahun kesepuluh.
Dua tahun kemudian mereka merilis album 'the best' yang bertajuk A JOURNEY (2007) yang mengandalkan algu-lagu lawas, Sakit Hati, Genit, Salam Rindu, dan Mawar Hitam, serta sebuah lagu baru, Kamu Penipu ciptaan Tresno.
Setelah vakum selama dua tahun lebih, awal 2010 Tipe X kembali menggebrak ranah hiburan dengan meluncurkan album baru. Album bertajuk FESTIVAL PERASAAN ini tetap mengusung konsep ska, namun dengan sentuhan yang sedikit berbeda dan melibatkan tiga orang drummer. Tipe X memutuskan tetap setia pada jalur musik mereka di tengah hingar bingar Melayu yang mewarnai musik Indonesia saat ini.
Single Ciuman Pertama dipilih Tipe-X sebagai single andalan. Dalam single ini Tipe-X berduet dengan penyanyi Kanada bernama Chelssie Baker yang cukup fasih bernyanyi dalam bahasa Indonesia. Selain Chelssie, dalam proses penggarapan album ini Tipe-X juga dibantu oleh Marcell.
Tahun 2012 Tipe-X meluncurkan album ketujuh berjudul SEVEN. Maraknya tren boyband di dunia musik Indonesia membuat Tipe-X menciptakan lagu berjudul Boyband. Tak hanya itu, dalam video klipnya pun masing-masing personil Tipe-Xtampil beda dengan bergaya seperti boyband.
Dalam album SEVEN, Tipe-X juga menyelipkan lagu yang mendukung pesepakbolaan Indonesia yang berjudulIndonesia Juara. Sebenarnya lagu ini merupakan lagu lama yang sudah ada sejak empat tahun lalu, namun baru bisa masuk di album SEVEN. Dengan lagu ini, Tipe-Xberharap masyarakat Indonesia bisa terus mendukung timnas Indonesia meskipun kondisi sepak bola Indonesia sedang terpuruk.
DISKOGRAFI SKA PHOBIA (1999) MEREKA TAK PERNAH MENGERTI (2001) SUPER SURPRISE (2003) DISCOGRAPHY HITAM PUTIH (2005) A JOURNEY (2007) FESTIVAL PERASAAN (2009) SEVEN (2012)
 
SUMBER: http://gomblotherood23.blogspot.com/2012/10/tipe-x-personal-tipe-x-grup-bad.html
 

0 komentar:

Posting Komentar